Sunday, May 27, 2012

Open Recruitment Panitia: Gerakan UIN Suska Mengajar

UIN SUSKA Mengajar adalah sebuah gerakan yang terdiri dari desa binaan, pengajar dan hibah buku. Gerakan ini merupakan program unggulan dari Kementerian Sosial dan Politik BEM UIN SUSKA Riau, periode 2012-2013.
Add caption

Mahasiswa merupakan salah satu tonggak perubahan di masyarakat. Seperti kata Bung Karno, mahasiswa adalah ‘agent of change’ atau agen dari perubahan. Dan berdasarkan Tridarma perguruan tinggi, 2 poinnya ialah pendidikan dan pengabdian masyarakat. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan adanya suatu gerakan yang memberdayakan mahasiswa untuk mau berkontribusi dan turun ke masyarakat, baik itu dalam hal sosial masyarakat maupun pendidikan.
Sesuai dengan sistem kabinet BEM UIN SUSKA tahun ini, Kabinet Bersahabat, oleh karena itu kami berusaha untuk menjalin persahabatan dengan masyarakat serta berbaur bersama masyarakat, baik itu masyarakat di lingkungan kampus, maupun di luar kampus. Meski gerakan ini mengangkat kata “Mengajar” tapi bukan berarti, kami hanya memfokuskan kepada mengajar di sekolah. Seyogyanya, mengajar itu tidak hanya aktivitas antara guru dan murid, tetapi membangun dan bekerja sama dengan masyarakat, serta berinteraksi dengan lingkungan, juga merupakan proses belajar serta mengajar.
Gerakan UIN SUSKA Mengajar ini kami beri tema ‘langkah kecil untuk perubahan besar’. Kami mengambil tema tersebut karena, meski apa yang akan kami lakukan untuk desa yang kami bina tidaklah terlalu mewah dan berlebihan, hanya beberapa gerakan kecil tetapi nyata yang semoga akan membawa perubahan yang besar untuk desa tersebut.
Mahasiswa yang terjun di dalam gerakan ini terdiri dari panitia dan relawan muda. Yang mana, panitia merupakan koordinator dari kegiatan ini dan relawan muda adalah mereka yang menjadi pesertanya. Para penggerak UIN SUSKA Mengajar ini seluruhnya merupakan mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang dipilih melalui rangkaian seleksi. Proses seleksi para penggerak UIN SUSKA Mengajar ini, yaitu : tahap seleksi berkas, tahap wawancara, dan tahap pelatihan, dan teruntuk relawan mudanya, akan diadakan pula seleksi tahap simulasi mengajar. Pada tahap pelatihan merupakan tahap pembekalan bagi seluruh penggerak UIN SUSKA Mengajar yang turun dan berkontribusi terhadap kegiatan ini.
Desa yang menjadi tujuan gerakan UIN SUSKA Mengajar ini adalah desa yang masyarakatnya berasal dari Suku Talang Mamak, Indra Giri Hulu, Riau. Program yang menjadi binaan kami adalah pembinaan masyarakat, pendidikan dan kesehatan. Program ini berlangsung selama satu bulan. Di desa itulah kami akan mengabdi kepada masyarakat selama satu bulan. Sengaja kami memilih waktu liburan, sehingga kegiatan perkuliahan mahasiswa tidak akan terganggu.
Program yang akan dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2013 ini, diharapkan akan membawa dampak positif untuk masyarakat serta diri kami masing-masing. Dan semoga kami dapat menjalin kerja sama dengan anggota masyarakat sehingga kegiatan ini akan terlaksana dengan lancar.
Info lebih lanjut tentang UIN SUSKA Mengajar:
M. Ridho (08126821738)
Anis Prafitria (085374877478)
Atau FB: UIN Suska Mengajar dan Twitter: @UINmengajar

Langsung aja download formulirnya. Klik gambar dibawah!
  

2 Responses to “Open Recruitment Panitia: Gerakan UIN Suska Mengajar”

  • rHy_2 says:
    June 14, 2012 at 2:13 AM

    bagus tuh kegiatannya.
    jadi pengen ikut berpartisipasi :D

  • Unknown says:
    August 15, 2013 at 1:40 PM

    ASLMKM....BAGUS PROGRAMNYA. MOHON SAYA PELAJAR & MAHASISWA DARI DESA RIMBO PANJANG,SAYA IZIN MAU TIRU PROGRAM INI UNTUK BISA DI JALANKAN OLEH MAHASIWA/I RIMBO PANJANG (UIN/UR/UIR). SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN LIMPAHAN RAHMATNYA KEPADA BEM UIN RIAU AMIN....!!!!

Post a Comment

 

Slogan Aktivis

kata inspirasi